Marketing atau Pemasaran adalah suatu perpaduan dari
aktivitas-aktivitas yang saling berhubungan untuk mengetahui kebutuhan konsumen
serta mengembangkan promosi, distribusi, pelayanan dan harga agar kebutuhan
konsumen dapat terpuaskan dengan baik pada tingkat keuntungan tertentu. Dengan
adanya pemasaran konsumen tidak perlu lagi memenuhi kebutuhan pribadi secara
sendiri-sendiri dengan melakukan pertukaran antara konsumen dengan pelaku
pemasaran sehingga akan ada banyak waktu konsumen untuk kegiatan yang dikuasai
atau disukai.
Fungsi-Fungsi Pemasaran :
1. Fungsi Pertukaran
Dengan pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen
baik dengan menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan
produk (barter) untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kembali.
2. Fungsi Distribusi Fisik
Distribusi fisik suatu produk dilakukan dengan cara
mengangkut serta menyimpan produk. Produk diangkut dari produsen mendekati
kebutuhan konsumen dengan banyak cara baik melalui air, darat, udara, dsb.
Penyimpanan produk mengedepankan menjaga pasokan produk agar tidak kekurangan
saat dibutuhkan.
3. Fungsi Perantara
Untuk menyampaikan produk dari tangan produsen ke tangan
konsumen dapat dilakukan pelalui perantara pemasaran yang menghubungkan
aktivitas pertukaran dengan distribusi fisik. Aktivitas fungsi perantara antara
lain seperti pengurangan resiko, pembiayaan, pencarian informasi serta
standarisasi / penggolongan produk.
Dalam marketing ada 4 komponen dasar yang wajib dikuasai oleh seorang marketing, komponen tersebut biasa disebut Marketing Mix (4P).
Marketing Mix (4P) :
1. Product
Menguasai barang dagangan yang dijual, baik keunggulannya,
spesifikasinya, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan produk tersebut.
2. Price
Menguasai berapa harga barang tersebut, harga jualnya,
keuntungan yang bisa diraih, dll.
3. Promotion
Bisa mempromosikan atau memperkenalkan produknya kepada
semua orang, agar orang lain tertarik untuk membeli.
4. Place
Seorang marketing yang pandai, tahu dimana ia harus
melakukan trik-trik tertentu. Juga tahu tempat atau sasaran yang dituju, dimana
produknya akan laku terjual.
3 Dasar Ilmu Marketing Menurut Bapak Lukas E. Wirryabrata :
1.
Positioning
Bagaimana kita memposisikan bisnis kita ke dalam pasar.
Bagaimana kita sebagai pemilik bisnis memposisikan diri terhadap konsumen, dan
sebaliknya bagaimana bisnis kita di mata konsumen. Konsep dasar dari usaha yang
akan kita jalankan perlu dirancang untuk mulai membangun sebuah bisnis.
2. Differentiation
Hal apa saja yang membedakan kita dengan pasar. Disinilah
nilai keunikan suatu bisnis sangat diperlukan agar bisnis tersebut dapat
mencolok dari bisnis-bisnis lain yang memiliki genre yang sama. Jika tidak,
maka bisnis itu sendiri yang akan tenggelam ke dalam pasar tanpa ada konsumen
yang tau kalau bisnis kita ada.
3. Branding
Pemilihan logo, nama, slogan menjadi senjata terakhir agar
konsumen dapat mengingat kita dengan mudah, sehingga diperlukan keserasian
antara nama, logo dan usaha yang kita jalani. Untuk itu pemilihan nama tidaklah
sembarangan, agar konsumen dapat mengenali siapa kita dan apa bisnis kita
melalui sebuah nama.
Sekian postingan tentang "Dasar-dasar Marketing" ini dari saya, bila ada kata yang salah atau kekurangan lainnya, saya mohon maaf. Semoga postingan ini bermanfaat. Terima Kasih.
#POLITEKNIK NEGERI JAKARTA#Teknik Grafika & Penerbitan#Komunikasi Pemasaran#
SOURCE :
✴ Platform Trading Binary Option ✴
BalasHapusHASHTAGOPTION
Trading Binary Option Indonesia | Binary Option Terpercaya | Trading Online Indonesia
✔Fast 24Hours Deposit / Withdrawal.
✔Customer-Support 24-hours online.
✔Trading News & Tips Supported.
✔Demo-Account For New Traders.
✔1% Referral Life-time bonus.
Register below:
JOIN HERE
#hashtagoption #trading #tradigbinaryoption #options #binaryoption #opsibinner